Friday, December 29, 2017

Cara Menghilangkan Malware Pada Smartphone Android

Menghilangkan malware

Smartphone android sudah tidak asing lagi bagi warga negara indonesia. Namun tak jarang orang yang tidak mengetahui bahwa penggunaan smartphone android yang notabennya adalah dengan sistem operasi open source rentan terhadap hal yang tidak di inginkan seperti virus, adware dan malware. Virus atau malware akan sangat menggu aktifitas kita dalam menggunakan smartphone dikarenakan sering muncul iklan secara sendiri dan secara terus menerus pada smartphone android kita. Nah di pembahasan kali ini beritaintekno akan memberikan sebuah tutorial untuk menghilangkan malware pada android yang sudah dihinggapi oleh malware. Selain itu beritaintekno jiga akan membahas pengertian dan dampak dari malware itu sendiri.

Apa itu malware?

Malware adalah suatu program yang dirancang sedemikian mungkin untuk menyusup kedalam sebuah perangkat untuk mencuri atau merusak sebuah informasi dan akan ditransmisikan kepada pembuat malware tersebut. Sebuah perangkat dapat terkena malware akibat sering mendownload sebuah data di tempat ilegal yang telah disusupi oleh malware.

Apa dampak perangkat yang terkena malware?

Dampak dari malware sendiri sangatlah banyak dan sangat berbahaya bagi smartphone android kita. Berikut dampat dari malware tersebut :
  • Mencuri data dari smartphone android.
  • Merusak hardware maupun software dari perangkat android tersebut.
  • Membuat baterai cepat habis akibat aktivitas malware yang tidak ada hentinya.
  • Membuat kinerja smartphone tidak optimal.
  • Munculnya pop up iklan dengan sendirinya dan tidak jelas.
  • Membuat smartphone sering hang atau error.

Bagaimana cara menghilangkan malware di android?

Dalam menghilangkan malware pada android terdapat banyak sekali cara yang sangat ampuh dalam menangani kasus ini. Namun beritaintekno akan memberikan 2 cara menghilangkan malware dengan mudah. Mengapa hanya 2 cara? Karena cara ini dinilai sangat mudah untuk dilakukan oleh teman - teman yang lagi membutuhkan. Cara ini tidak membutuhkan banyak hal akan tetapi membutuhkan sedikit kecermatan dan kesabaran para pembaca hehe. Berikut caranya :

1. Memanfaatkan mode aman pada android

Mode aman pada android

Cara pertama adalah cara yang sedikit teknik tapi dinilai sangat ampuh dalam menghilangkan malware karena pada safe mode virus, adware dan malware dalam keadaan sleep atau tidak bekerja.
  • Pertama sobat masuk ke mode aman. Bagi sobat yang belum mengerti bisa baca cara masuk kedalam safe mode di android
  • Setelah masuk ke mode aman sobat silakhan masuk setting - manager aplikasi - cari sekiranya dicurigai oleh sobat karena tidak pernah didownload akan tetapi terinstal pada smartphone sobat - lalu uninstall aplikasibtersebut.
  • Setelah aplikasi diuninstall, silakhan restart hp sobat agar kembali ke mode seperti biasa.

2. Menggunakan aplikasi malwarebytes security

Aplikasi malwarebytes

Untuk sobat yang ingin mendapatkan aplikasi tersebut silakhan sobay untuk mengklik download atau dapat mencari di google playstore. Cara ini merupakan cara termudah karena aplikasi ini dapat memindai secara otomatis apakah perangkat androis kita terjangkit oleh malware atau tidak. Untuk menggunakan cara ini sobat bisa memperhatikan tutorial dibawah ini :
  • Yang pertama sobat download dan install aplikasinya disini.
  • Setelah aplikasi terinstall sobat bisa masuk kedalam aplikasi malwarebytes security.
  • Klik pindai sekarang.
    Cara menghilangkan malware
  • Tunggu beberapa saat sampai proses pemindai selesai ( 5 - 10 menit).
    Foto saat proses pemindaian
  • Jika proses sudah selesai maka akan terlihat jumlah malware pada smartphone android kita. Jika tidak ada malware maka tampilan seperti gambar dibawah sedangkan jika ada malware maka sobat diperintahkan untuk kilik tombol menghapus semua malware pada android sobat.
    Foto setelah selesai proses pemindaian

Kesimpulan

Gunakanlah cara yang termudah bagi sobat sekalian karena kedua cara diata sudah terbukti kekuatannya dalam memberantas malware yang hinggap pada android kita. Gunakan internet dengan bijak dengam mengunjungi situs yang legal dan terverifikasi oleh antivirus.

Demikina tutorial yang dapat beritaintekno berikan. Jika bermanfaat silakhan untuk berlangganan dengan mengisi email dibawah ini dan jangan lupa untuk menshare kepada teman - teman yang sedang membutuhkam. Terima kasih.

3 comments:

Silakhan berkomentar dengan bijak dan sesuai dengan topik.

Cara Memakai Kuota Malam di Siang Hari dengan Anonytun

Kembali lagi di blog yang menyediakan berbagai macam tutorial tentang perkembangan teknologi yang ada didunia. Kali ini beritaintekno akan...